Date Sabtu, 2 August 2014 | 13:31 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Ragam Info

Apa Kata Primbonmu Hari ini

Selasa, 13-09-2011 | 15:49 WIB | 554 klik
Apa Kata Primbonmu Hari ini

Model: Windy (SMA 9 Padang) Fotografer: Iwan Desain: Orta

Ramalan, siapa sih yang nggak ngeh ama kata satu ini. Meski zaman makin modern, yang namanya ramalan masih aja dipercaya. Nggak hanya ama yang tua, muda pun percaya. Perkembangan teknologi pun turut mendukung generasi muda untuk tetap menggunakan yang namanya ramalan. Lihat aja di beberapa situs jejaring sosial, ada kan aplikasi ramalan bintang yang di-update tiap harinya.


Kalau ramalan bintang itu made in luar negeri, ternyata di Indonesia juga ada lho ramalan yang asli made in Indonesia. Namanya primbon. Mungkin beberapa sobeX ada yang nggak begitu familiar ama kata yang satu ini. Primbon adalah salah satu seni meramal yang berasal dari tanah Jawa. Nggak heran jika di Jawa, primbon adalah salah satu perhitungan untuk melaksanakan suatu kegiatan.


Contohnya nih untuk menentukan hari baik melaksanakan pesta pernikahan, untuk menentukan jodoh, menentukan sifat seseorang, menentukan makna di balik kedutan, makna tahi lalat, menentukan pekerjaan yang cocok dengan seseorang. Banyak lagi yang dapat diramalkan dengan menggunakan primbon. Komplit banget yah.


Jangan salah, meski berasal dari tanah Jawa, primbon udah menyebar ke banyak daerah di Indonesia lho. Di Sumatera pun juga ada yang percaya dan menggunakan primbon. Pun di Sumatera Barat ini sobeX. Emang sih kebanyakan yang mempercayai primbon adalah kaum hawa, tapi beberapa kaum adam juga ada lho yang melek ama primbon.


Dari beberapa orang sobeX yang sempat ditanya ama Xpresi, kebanyakan mereka mengenal primbon lewat buku dan juga internet. “Tahu dari buku, mama punya buku tentang primbon,” aku Manda Yusira dari salah satu SMA swasta di kota ini. Biasanya yang sering dilihat Manda dari buku pribon tersebut adalah tafsiran mengenai firasat kedutan. “Bukan hanya aku dan mama yang pakai buku itu, kedua kakakku juga,” tambahnya.


Sama seperti Manda, Ryssa, salah satu mahasiswi kebidanan di Kota Padang mengetahui tentang primbon dari buku yang dimiliki temannya. “Ada teman satu kost yang punya,” ujarnya. Saat ditanya siapa saja yang menggunakan buku tersebut, Rysaa mengakui hampir seluruh teman se-kostnya menggunakan buku tersebut. Pun dengan beberapa teman kuliahnya yang sering mampir untuk bermain ke kost. “Biasanya untuk mengetahui ramalan firasat kedutan, juga meramal sifat orang berdasarkan bentuk wajahnya. Biasanya sih untuk meramal sifat cowok,” jelasnya sambil tertawa terkekeh-kekeh.


Bahkan, Fitria Hanfia hampir tiap hari melihat primbon. “Nggak tahu kenapa sih, tapi melihat primbon itu Cuma iseng-iseng aja. Kadang apa yang tertulis dalam primbong, nggak ngaruh tuh sobeX,” ujarnya. Fitria bahkan merasa apa yang tertulis dalam primbon tidak dapat dipercaya sepenuhnya. “Karena kadang banyak yang salah juga tuh sobeX.”


Lantas, adakah yang selama ini nggak pernah mengetahui mengenai primbon? Ternyata ada lho sobeX. Kebanyakan dari sobeX yang nggak tahu tentang primbon adalah para cowok dan sobeX yang masih SMP. “Primbon, baru kali ini dengar. Kalau ramalan zodiak sih tahu. Kalau ramalan Jawa, bener nggak tahu deh,” aku Ilham dari SMAN 7 Padang.


Gina Magriza dari SMPN 13 Padang mengaku belum pernah mendengar nama primbon. “Nggak tahu. Memang aku nggak suka ama ramalan. Baca zodiak pun cuma iseng-iseng aja. Nggak ditanggapi dengan serius,” kata dara berwajah imut ini. Pada dasarny, doski nggak percaya ama primbon. (iwan)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA