Date Selasa, 29 July 2014 | 05:30 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Agama

Shalat Ied di Jalan Soedirman

Rayakan Idul Fitri dengan Sederhana

Sabtu, 27-08-2011 | 12:55 WIB | 233 klik

Payakumbuh, Padek—Hari Raya Idul Fitri, pengembalian fitrah manusia ke asalnya, yakni kesucian karena telah melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan. Karena itu, rayakanlah Idul Fitri dengan penuh kesederhanaan dan saling berbagi antara sesama manusia.


Demikian disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Payakumbuh Hasan Basri, Ketua MUI Limapuluh Kota Syafrijon Azwar, Pimpinan Muhammadiyah H Asril Syamsu, Wali Kota Payakumbuh Josrizal Zain, dan Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo, ketika dihubungi Padang Ekspres secara terpisah, Jumat (26/8).


Kelima tokoh mengingatkan agar kedatangan Idul Fitri disambut dengan penuh kebahagiaan dengan menggemakan takbir. Gema takbir dapat dilakukan di masjid-masjid atau mushalla dengan tertib. Kegiatan ini termasuk syiar agama dan sangat dianjurkan sebagai penyempurnaan puasa dengan bertakbir.


Perayaan Idul Fitri juga diharap tidak dengan pemborosan atau berbelanja dengan berbagai keinginan yang terkadang kurang bermanfaat. Lebih baik, memberikan sedekah di akhir Ramadhan, agar orang-orang yang belum beruntung atau hidup dalam kekurangan, dapat merayakan Idul Fitri tanpa harus mencari nafkah di hari kemenangan tersebut.


Kelima tokoh juga mengatakan, Ramadhan berakhir, semestinya menjadikan manusia lebih terasah ketakwaan maupun intelektualnya. Karenanya, setelah Ramadhan kiranya orang-orang yang berpuasa semakin tinggi semangat beribadah maupun aktivitas sosial terhadap lingkungan, termasuk bersedekah sebagaimana dilaksanakan saat bulan Ramadhan.


Pelaksanaan shalat Idul Fitri di Payakumbuh sendiri akan dipusatkan di Jalan Soedirman dan Jalan Soekarno-Hatta atau sekitar Tugu Adipura, Selasa (30/8) mendatang.
Adapun yang menjadi Khatib shalat Ied adalah Ketua Bidang Fatwa MUI Sumbar DR H Gusrizal Gazahar MA.
Sedangkan imam diamanahkan kepada Idham Khalik, juara pertama MTQ antar-Korem se Indonesia 2011.


“Shalat Ied di Payakumbuh dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Setelah shalat dilaksanakan,Wali Kota Payakumbuh Josrizal Zain dan Wawako Syamsul Bahri, menerima warga kota berlebaran di rumah dinas mereka masing-masingm,” ujar Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Payakumbuh H Syafruddin dan Kepala Bagian Humas Jhon Kennedi, Jumat (26/8). (frv)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA