Date Kamis, 31 July 2014 | 20:30 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Kecelakaan Mudik Mulai Terjadi

Kamis, 25-08-2011 | 09:52 WIB | 1218 klik
Kecelakaan Mudik Mulai Terjadi

Terguling: Bus PO Putra Simas terguling di KM 4 Pulaupunjung, Dharmasraya, kemar

Dharmasraya, Padek—Pengemudi dan pengguna jasa angkutan agar lebih berhati-hati pada mudik Lebaran tahun ini. Kondisi jalan banyak rusak dan tingginya mobilitas intensitas, sehingga rawan kecelakaan. Seperti terjadi di jalan lintas Sumatera (jalinsum) KM 4, Pulaupunjung, Kabupaten Dharmasraya, kemarin (24/8). Sebuah bus angkutan mudik Lebaran dari Medan menuju Jakarta, PO Putra Simas bernomor polisi BD 7907 AP terbalik.


Tidak ada korban dalam kecelakaan itu, tapi seorang penumpang, Saibi, 11, terluka sehingga harus dirawat di RSUD Seidareh. Seorang penumpang, Warsiti, 31, kepada Padang Ekspres menyebutkan, bus yang mengangkut puluhan penumpang itu berangkat dari Medan pukul 11.00, Selasa (23/8).


Kecelakaan terjadi, kata dia, karena sopir bus berusaha mendahului sebuah truk. Tapi, baru separuh memotong, datang truk melaju kencang dari arah berlawanan.


Takut terjadi tabrakan, sopir langsung banting stir ke kanan hingga bus terbalik. Beruntung di sebelah kanan jalan bukan jurang, hanya selokan .
”Syukur saya bersama tiga anak saya tidak terluka. Tapi bahu kanan saya terasa sakit, mungkin karena benturan,” kata Warsiti yang mengaku naik di Pekanbaru.


Penumpang lainnya, Lisa, 28, menceritakan, tidak jauh dari lokasi bus terbalik, sopir juga nyaris bertabrakan dengan sebuah mobil pick up. ”Saya tidak tahu, apakah sopir mengantuk atau tidak,” kata Lisa yang mengaku naik bus di Medan dengan tujuan Muaro Bungo, Jambi.


Sedangkan Saibi, yang dirawat ke RSUD, mengalami luka di bagian pelipis. Dia didampingi ibunya, Nilam, 32. ”Saat kejadian, saya duduk di samping sopir. Sopir banting stir ke kanan karena menghindari tabrakan dengan mobil lain dari arah depan. Tidak terbayangkan apa yang terjadi jika tabrakan terjadi. Syukur saya dan anak selamat,” katanya.


Kasat Lantas Polres Dharmasraya, AKP Marwan Noer di TKP mengatakan, pihaknya tidak akan memaksakan untuk melanjutkan kasus kecelakaan tersebut, mengingat puluhan penumpang bakal telantar. ”Kasihan sama penumpang yang telantar. Apalagi tujuan mereka jauh-jauh mau mudik Lebaran. Jika mobil itu sudah normal atau bisa jalan lagi, biarlah mereka melanjutkan perjalanan kembali,” tegasnya. (ita)

Kecelakaan

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA