Date Selasa, 29 July 2014 | 21:45 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Ragam Info

Lagu Religi Marak di Bulan Ramadhan

Kamis, 18-08-2011 | 13:29 WIB | 553 klik
Lagu Religi Marak di Bulan Ramadhan

Model: Anadya (Universitas Baiturrahmah Padang) Fotografer: Riki S Desain: Orta

Insya Allah…Insya Allah…Insya Allah… You’ll find the way…


Lirik lagu dari Maher Zain yang berjudul Insya Allah ini sering terdengar dimana-mana. Di pasar, di angkot, di rumah maupun di tempat lainnya. Lagu religi yang satu ini lagi hit-nya di telinga kita sobeX.


Memang sih kalau sudah masuk bulan Ramadhan lagu religi mulai terdengar. Udah biasakan kalau di bulan Ramadhan bermunculan lagu-lagu religi sembari menemani hari-hari kita di bulan ini.


Nggak heran deh, para musisi berlomba-lomba menciptakan lagu yang asyik didengar orang. Kalau udah seperti ini, semakin banyak bermunculan lagu-lagu religi di bulan Ramadhan ini.


”Kalau dengar lagu religi suasana hatiku tentram, pokoknya asyik buat didengar saat ini,” ujar Bambang Prakoso siswa SMA Pertiwi 1 Padang ini.
Memang sih sobeX, mendengarkan lagu religi kalau benar-benar dihayati perasaan kita menjadi tentram. Membuat hati kita lebih dekat kepada Agama Islam. Bahkan mendengarkan lagu religi sama dengan kita mendengarkan ceramah-ceramah. Sebab dalam lagu religi terkandung tausiyah agama.


Seperti pendapat cowok yang satu ini. “Aku suka dengar lagu religi. Karena lagu religi itu ada pesan dakwahnya,” ujar Dodi Putra. Cowok yang satu ini suka banget dengan lagu religi yang dinyanyikan Band Ungu yang berjudul SurgaMu. “Lagu ini aku sukai karena maknanya mendalam. Apalagi diresapi dalam hati lagunya bikin merinding. Pokoknya lagu ini nggak bosan-bosan deh,” ucap mahasiswa yang ngekos di Lubuklintah ini.


Nah sobeX, Suci Adyani Putri berbeda dengan Dodi. Ia lebih menyukai lagu religi yang original. “Kalau lagu religi, aku lebih menyukai lagu-lagu nasyid dari pada lagu-lagu religi yang dibawakan sebuah band yang sebenarnya bukan band religi. Sebab lagu nasyid itu lebih menyentuh.

Mereka memang original menyanyikan lagu-lagu Islami, sehingga benar-benar nyata rasanya kehadiran lagu-lagu mereka. Bagaimana sikap dan kebiasaan sehari-hari personelnya sesuai dengan pesan lagu yang mereka sampaikan.” ucap cewek yang hobi wisata kuliner ini.


Emang sih sobeX, akhir-akhir ini banyak para penyanyi yang bukan penyanyi yang memang menyanyikan lagu-lagu religi. Terkadang hal ini mengakibatkan ada orang-orang yang tidak suka dengan lagu religi yang mereka bawa.


Akhirnya, lagu religi sekarang ini sifatnya musiman. Seperti pendapat Riri Permata Sari. Ia mengatakan paling nggak benci lagu religi itu jadi lagu musiman. “Kalau masuk bulan Ramadhan, penyanyi ibu kota berlomba-lomba memunculkan lagu religi. Sehingga maraknya lagu-lagu religi hanya di bulan Ramadhan saja. Kalau Ramadhan sudah selesai lagu religi pun juga nggak terdengar lagi,” ujar mahasiswa UNP ini.


sobeX, hal ini juga menjadi harapan bagi Kamelia Barcelona. “Aku berharap lagu-lagu religi itu nggak hanya munculnya di bulan Ramadhan tetapi juga di bulan- lainnya,” tuturnya. (deva)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA