Date Sabtu, 2 August 2014 | 13:33 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Nasional

Guru Bantu Angkatan 2004 Siap Diangkat

Selasa, 16-08-2011 | 11:21 WIB | 193 klik

Jakarta, Padek—Para guru bantu nasional yang direkrut tahun 2004 atau tenaga honorer kategori I (dibiayai APBN atau APBD) kembali mendapat angin surga. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan bahwa mereka akan diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini.


Kepala Bagian Humas BPK Tumpak Hutabarat menjelaskan, pengangkatan ini bakal diumumkan setelah PP tentang Tenaga Honorer disahkan. Menurutnya, selama PP tersebut belum disahkan, pihaknya belum bisa memastikan mekanisme pengangkatan para tenaga guru bantu nasional tersebut. Apakah langsung mendapatkan SK CPNS atau masih harus mengikuti seleksi dan bersaing antar sesama guru bantu. Yang jelas, setelah diterima menjadi CPNS, mereka wajib mengajar di sekolah negeri. Baik itu tingkat SD, SMP, atau SMA.


Skenario pengangkatan dengan model seleksi antarsesama guru bantu nasional cukup beralasan, mengingat jumlah mereka cukup banyak. Jumlah guru bantu nasional yang direkrut pada 2004 mencapai 71.309 orang. Itu belum digabung dengan tenaga honorer nonguru. ”Lebih jelas bagaimana nanti mekaniseme pengangkatannya, tunggu PP-nya,” ucap Tumpak.


Sambil menunggu pengesahan PP tentang Tenaga Honorer, Tumpak menuturkan jika pihaknya sudah melaksanakan verifikasi sekaligus validasi data guru bantu nasional angkatan 2004. Pengecekan itu di antaranya untuk memastikan jika yang bersangkutan telah memegang SK Mendiknas dan keterangan bahwa selama ini mendapatkan gaji dari APBN atau APBD. BKN akan melansir nama-nama guru bantu nasional yang lolos verifikasi dan validasi setelah PP tentang Tenaga Honorer disahkan.(wan/nw/jpnn)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA