Date Jumat, 1 August 2014 | 14:46 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

SMKN 1 Painan Bangun Hotel

Jumat, 12-08-2011 | 14:15 WIB | 426 klik

Painan, Padek—Pessel termasuk salah satu daerah destinasi pariwisata Sumbar. Namun sayangnya, Pessel belum memiliki hotel bintang yang bisa dibanggakan. Menjawab permasalahan tersebut, SMKN 1 Painan mendirikan hotel bintang tiga yang saat ini sedang dilakukan pengerjaannya. Ditargetkan, pembangunan hotel tersebut selesai tahun 2012.


Kepala SMKN 1 Painan, Zul Aprianto menjelaskan, minimnya minat investor untuk berinvestasi di Pessel membangun hotel berbintang, dijadikan peluang untuk meningkatkan bidang usahanya. Selain akan memberikan keuntungan, kehadiran hotel bintang tiga ini bisa dijadikan sebagai tempat praktik siswa.


”Dengan selesainya pembangunan hotel ini, maka di Kota Painan baru satu-satunya hotel bintang tiga milik SMKN 1 Painan,” ujar Zul.
Enam jurusan di SMKN 1 Painan bisa memanfaatkan hotel sebagai tempat praktik. Yakni Jurusan Akomodasi Perhotelan dan Travelling, Jasa Boga, Akuntansi, Pemasaran, Administrasi Perkantoran dan Teknik Komputer Jaringan.


Khusus untuk Jurusan Perhotelan dan Travelling, SMKN 1 Painan sengaja mempersiapkan siswa siap pakai pada tahun-tahun pertama hotel ini dioperasikan nantinya. Sebab jurusan yang dibuka sejak satu tahun terakhir, yakni tahun 2010 masa belajar siswanya selama empat tahun (setingkat S1).


“Bagi siswa yang memiliki kemampuan berdasarkan hasil uji yang dilakukan saat penerimaan tenaga karyawan hotel, bisa bekerja langsung setelah tamat sekolah,” jelasnya. SMKN 1 Painan bisa berperan mengurangi angka pengangguran. (yo)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA